PELATIHAN BASIS KOMUNITAS

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sampai saat ini masih menjadi masalah serius dan sering terjadi di masyarakat, tidak terkecuali di Kabupaten Wonosobo. Akibat dari tindakan yang tidak bermoraltersebut mayoritas yang menjadi korban adalah perempuan dan anak-anak. Namun terlepas dari siapapun korban dari tindakan tersebut, tetap saja tindakan tersebut tidak dibenarkan dan perlu dicegah. Menurut Kepala Badan KBPPPA,  Junaedi, untuk mencegah dan meminilasir tindakan tersebut, perlu adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa memberikan pelayanan dan pendampingan kepada masyarakat, sehingga terbangun mindset bahwa kekerasan bukanlah jalan yang baik untuk menyelesaikan masalah dalam keluarga.

Badan KBPPPA telah melakukan kerjasama dengan desa yang ada di Kabupaten Wonosobo untuk membentuk Basis Komunitas (BASKOM) guna memberikan pelayanan dan pendampingan terhadap penanganan korban KDRT. Saat ini jumlah kasus di Kabupaten Wonosobo yang tercatat khusus, kasus kekerasan di Kabupaten Wonosobo tertinggi merupakan kekerasan seksual.

Melihat tren data kasus kekerasan tersebut, sebagai upaya pencegahan dan penanganan kasus korban kekerasan berbasis gender dan anak, perlu adanya penanganan yang serius dari semua pihak. Adanya pelatihan ini diharapkan bisa menambah kemampuan keterampilan kader dalam penanganan pengaduan korban kekerasan, dengan mensosialisasikan kepada masyarakat luas untuk meningkatkan keberanian melapor apabila menemukan kasus dilingkungan mereka tinggal.

Dengan dilaksanakannya Pelatihan Basis Komunitas dapat memberikan tambahan pengetahuan kader untuk penanganan kasus korban KDRT terutama perempuan dan anak . Selain itu, Melalui Pelatihan Basis Komunitas  mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberi pelayanan psycologis, sosial ekonomi, spiritual, dan pendampingan bagi korban KDRT.

Pengumuman

Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab. Wonosobo tahun 2018

https://bkd.wonosobokab.go.id/index.php/seleksi-terbuka-jabatan-pimpinan-tinggi-pratama-pemerintah-k

Pengumuman Penerimaan CPNS 2018

https://cpns.wonosobokab.go.id/

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

Kontak Kami

Jalan Raya Kalibawang No 1 Kalibawang
Phone: -
Email: kalibawangpunyaemail@gmail.com
Website: https://kecamatankalibawang.wonosobokab.go.id